15 Manfaat Tomat Untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

loading...
loading...
Manfaat Tomat - Kamu pasti sudah tidak asing dengan buah tomat. Yap, buah yang satu ini memang tergolong unik, karena bisa termasuk buah-buahan maupun sayuran. Buah tomat yang sudah matang umumnya berwarna merah, hal itu karena kandungan lycopene yang terkandung didalamnya. Zat ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Buah tomat memiliki rasa yang sedikit asam, namun terasa segar dan lezat. Selain itu tomat dapat diolah menjadi berbagai macam olahan, seperti jus tomat, pasta tomat, serta bahan tambahan dalam masakan.
Manfaat tomat untuk kecantikan

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Asal-usul Buah Tomat

Tanaman tomat dapat tumbuh hampir diseluruh daratan yang ada didunia. Namun pernahkah kamu berpikir, darimana asal-usul buah tomat tersebut? Buah tomat diperkirakan berasal dari dari Amerika Selatan, khususnya bangsa Aztec yang sudah mengenal tomat sejak tahun 700 SM. Namun untuk penyebarannya, tomat diperkirakan dibawa oleh bangsa Spayol ke benua Eropa melalui jalur pelayaran sekitar abad ke 16.

Buah tomat memiliki rasa asam manis yang segar, sehingga cepat mendapat perhatian masyarakat dunia. Bahkan orang-orang Italia sangat menyukai tomat, mereka sering membuat olahan sederhana dengan menggoreng irisan tomat yang ditaburi garam, sampai olahan yang cukup berat seperti pasta tomat dan bahan tambahan dalam pizza. Pada perkembangannya tomat semakin terkenal keseluruh dunia karena manfaat serta kelezatannya.

Kandungan Nutrisi Buah Tomat

Selain nikmat, ternyata tomat kaya akan vitamin dan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecentikan tubuh. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah tomat antara lain:
  • Lycopene
Lycopene yang terkandung dalam buah tomat cukup tinggi. Lycopene merupakan salah satu zat antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas serta dipercaya dapet menjadikan awet muda. Selain itu lycopene terbukti mampu melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit seperti penyakit diabetes, penyakit cardiovascular, serta dapat mencegah resiko penyakit kanker. Untuk pria, mengkonsumsi tomat terbukti dapat meningkatkan kesuburan serta mencegah resiko penyakit kanker prospat.
  • Vitamin C
Kadungan vitamin C yang terkandung dalam tomat lebih tinggi jika dibandingkan buah jeruk. Vitamin C terbukti ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh tetap sehat dan terhindar dari serangan virus dan infeksi.
  • Vitamin B9
Vitamin B9 berkhasiat untuk mempercepat regenerasi sel dalam tubuh, merangsang tubuh untuk memproduksi enzim yang dapat mengeontrol homocysteine. Homocysteine termasuk jenis protein yang terdapat dalam darah. Jika kadar homocysteine dalam darah terlalu tinggi maka berpotensi menyumbat pembuluh arteri yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.
  • Vitamin A
Buah tomat kaya akan kandungan vitamin A yang terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan mata.
  • Zat Besi
Zat besi yang terkandung dalam buah tomat berkhasiat untuk menghilangkan rasa letih dan lesu pada seseorang yang menderita kurang darah akibat kekurangan zat besi.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata buah tomat memiliki segudang manfaat untuk memelihara kecantikan kulit secara alami. Manfaat tomaT untuk kecantikan antara lain:
Manfaat Tomat

Manfaat Buah Tomat Untuk Kecantikan

1. Memutihkan Kulit dan Terlihat Bercahaya
Semua wanita menginginkan kulit sehat dan bercahaya. Biasanya mereka rela melakukan perawatan khusus untuk memperolehnya, bahkan sampai ada yang nekat menggunakan obat kimia yang belum jelas kegunaannya. Padahal, untuk mendapatkan kulit sehat bercahaya dapat diperoleh dengan cara sederhana, yaitu rajin mengkonsumsi buah tomat. 

Selain alami dan tidak mempunyai efek samping, mengkonsumsi tomat sangat baik untuk kesehatan karena tomat terbukti kaya akan nutrisi yang berguna untuk kesehatan tubuh. Kandungan vitamin dan nutrisi dalam buah tomat kaya akan zat antioksidan yang bisa menambah kolagen kulit serta mencegah kulit menjadi kusam dan kendur. Kulit yang kencang dan sehat membuat kulit terlihat lebih bercahaya.

2. Mengatasi Masalah Jerawat
Jerawat yang muncul di wajah biasanya menurunkan rasa percaya diri. Padahal, ada cara alami yang sangat aman untuk mengatasi masalah jerawat. Caranya, ambilah satu buah tomat, potong menjadi beberapa badian. Kemudian tempelkan potongan buah tomat pada bagian wajah yang berjerawat, lalu pijit-pijit secara perlahan, agar cairan dalam tomat keluar dan diserap oleh kulit wajah, diamkan sampai mengering. Selanjutnya bersihkan dan bilas wajah dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap dua kali sehari sampai jerawat hilang.

3. Menghaluskan Kulit
Mengkonsumsi buah tomat secara teratur dapat menghaluskan kulit. Selain dengan cara dikonsumsi, untuk memperoleh kulit halus kamu dapat mencoba membuat masker dari buah tomat dan putih telur. Caranya, campurkan buah tomat yang sudah dihaluskan dengan 1 sendok makan putih telur serta air secukupnya sehingga sedikit kental. Oleskan masker tomat tersebut keseluruh bagian wajah, biarkan mengering, kemudian bersihakan dengan membelisnya dengan air dingin.

4. Mendinginkan Kulit
Kulit yang terpapar sinar matahari secara langsung dapat di netralisir dan didinginkan dengan mengompros wajah dengan irisan buah tomat. Tempelkan irisan tomat pada wajah, diamkan selama kurang lebih 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

5. Membuat Awet Muda
Konsumsilah tomat secara teratur, baik buah tomat yang masih segar maupun tomat yang telah diolah menjadi berbagai olahan seperti jus. Kandungan lycopene dalam tomat, bermanfaat untuk kecantikan kulit serta dapat menangkal radikal bebas dan mempercepat regenerasi sel, sehingga manfaat tomat dapat membuat awet muda.

6. Menghilangkan Komedo
Manfaat tomat lainnya dapat digunakan untuk menghilangkan komedo. Caranya, buatlah masker tomat kemudian oleskan pada wajah. Pemakaian secara teratur dapat menghilangkan komedo yang merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat pada wajah.

7. Memperkecil Pori-pori Pada Wajah
Ukuran pori-pori wajah yang besar berpotensi untuk menyebabkan jerawat. Dengan rutin memakai masker tomat serta mengkonsumsi jus tomat segar, dapat mengecilkan ukuran pori-pori wajah.

8. Melindungi Kulit Dari Radikal Bebas
Kandungan antioksidan dalam buah tomat sangat efektif untuk melindungi kulit dari resiko radikal bebas akibat terpapar sinar matahari yang dapat merusak sel serta membuat kulit cepat tua.

9. Melindungi Kulit Dari Sinar UV
Sinar UV atau Ultra Violet bisa merusak kolagen dalam kulit. Rusaknya kolagen dapat mengakibatkan keriput pada kulit wajah. Selain memakai perlindunga luar dengan memakai tabir surya, mengkonsumsi nuah tomat sangat efektif untuk melindungi kulit wajah.

Manfaat tomat untuk kecantikan kulit ini dapat mebantu tubuh untuk menganti sel yang susak dengan sel baru. Dengan demikian kulit tetap sehat dan tidak mudah keriput.

10. Menghilangkan Kantung Mata
Banyak faktor yang dapat menyebabkan timbulnya kantung mata. Biasanya kantung mata timbul karena tekanan pada mata yang mengakibatkan bagian bawah mata membengkak dan terlihat berkantung. Adanya kantung mata membuat seseorang seperti baru bangun tidur, selain itu terlihat letih dan lesu.

Perawatan alami menggunakan buah tomat bisa menghilangkan kantung mata dengan efektif. Caranya tempelkan irisan buah tomat pada mata yang lelah dan berkantung. Selain itu konsumsilah tomat secara rutin.

11. Mengatasi Kulit Berminyak
Kulit kusam bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kulit berminyak. Dengan pemakaian masker tomat secara rutin dapat mengontrol produksi minyak pada wajah.

12. Mencegah Kerusakan Sel
Kerutan yang timbul diwajah dapat disebabkan oleh kerusakan sel. Dengan kandungan lycopene dalam manfaat tomat untuk kulit dapat meminimalisir masalah ini.

13. Mencegah Kerusakan Kulit Akibat Eksim dan Kekeringan
Manfaat tomat sangat efektif untuk mengatasi masalah pada kulit. Flek-flek hitam pada wajah yang timbul akibat kekeringan kulit wajah dapat dihilangkan dengan buah tomat. Karena dalam tomat terkandung zat besi dan vitamin.

14. Menyehatkan Kulit Kepala
Selain bermanfaat untuk kulit tubuh, tomat juga bermanfaat untuk kulit kepala saat kamu rutin  mengkonsumsi buah tomat. Rambut yang sehat dan bercahaya sangat tergantung oleh kesehatan kulit kepala.

15. Mengatasi Ketombe
Ketombe bisa timbul karena kulit kepala memproduksi keringat atau minyak secara berlebihan. Untuk mengatasinya oleskan pasta tomat beserta jus lemon pada kulit kepala, diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Cara Budidaya Tomat

Manfaat tomat serta peranan tomat untuk kesehatan dan kecantikan, sudah terkenal hampir diseluruh lapisan masyarakat. Cara budidaya tomat juga tidak terlalu sulit. Cukup tanam bibit tomat yang berasal dari biji tomat yang telah disemai kamu sudah bisa menanam tomat di halaman rumah. Buah tomat yang dihasilkan tetu lebih segar dan alami.

Namun, hindari mengkonsumsi buah tomat saat perut dalam keadaan kosong, karena berpotensi menimbulkan asam lambung yang menjadi cikal bakal penyakit maag. Maka disarankan mengkonsumsi buah tomat segar setelah makan.

Dapatkan Tips dan Informasi Kesehatan Terbaru: