13 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan dan Cara Pemanfaatannya

loading...
loading...
Manfaat Lemon - Buah lemon banyak dibudidayakan di Argentina, Brazil, Spayol, serta Negara-negara disekitar Amerika Serikat. Tanaman lemon memiliki bentuk fisik seperti pohon jeruk lainnya . Lemon termasuk kedalam Genus Citrus (keluarga jeruk) yang terkenal akan khasiat dan kaya akan vitamin C.
lemon memiliki segudang manfaat untuk kesehatan
manfaat lemon untuk kesehatan
Meski termasuk keluarga jeruk yang mempunyai kemiripan satu sama lain, namun ternyata setiap varietasnya memiliki manfaat yang khas, karena setiap varietas jeruk memiliki presentase atau nutrisi yang berbeda.

Manfaat Buah Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Khusus untuk jeruk lemon sendiri, mungkin masih belum terlalu populer jika dibandingkan dengan buah jeruk dari varietas lain, mungkin hal ini disebabkan karena harganya yang dinilai cukup mahal.

Begitupun dengan penggunaannya, jika diperhatikan lemon umumnya lebih banyak digunakan untuk penambah cita rasa pada makanan, serta sebagai hiasan pada minuman. Namun belakangan ini, budidaya lemon mulai banyak dilirik oleh petani lokal, hal ini mungkin karena cara menanam lemon yang cukup mudah serta diimbangi dengan permintaan pasar yang semakin meningkat.
buah lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat tingggi
buah lemon sangat kaya akan vitamin C

Manfaat Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Rutin mengkonsumsi lemon sangat baik untuk kesehatan tubuh, karena kandungan nutrisi yang terdapat dalam lemon dapat membuat tubuh lebih bugar, memperkuat sistem imun, serta dapat juga digunakan untuk pengobatan alami.

21 Manfaat Lemon Untuk Tubuh:

1. Meningkatkan Sistem imun Untuk Kekebalan Tubuh
Buah lemon terbukti kaya akan vitamin C, yang sangat bermanfaat untuk menjaga serta meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh dari serangan virus, bakteri, parasit, dan jamur. Selain itu, buah lemon cukup efektif untuk menyembuhkan penyakit cacingan, bahkan buah lemon juga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker, karena didalam buah lemon terdapat sekitar 22 nutrisi anti kanker.

Dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi serta kandungan bioflavonoid didalamnya, maka lemonbermanfaat agar tubuh terhindar dari pilek atau flu.

Lemon yang dicampur dengan air hangat dan madu sangat efektif untuk menyerap lebih banyak zat besi, yang berkhasiat untuk menjaga kekebalan tubuh. Pada lemon hangat juga terdapat kandungan saponin yang sangat bermanfaat karena memiliki sifat antimikroba.
Menurut The World's Healthiest Foods, vitamin C dapat membantu pencegahan infeksi penyakit yang akan menyerang tubuh

2. Menyeimbangkan Keasaman (pH) Tubuh
Pada dasarnya tubuh manusia cenderung bersifat asam (pH rendah) hal ini menyebabkan tubuh rentan terserang penyakit, yaitu penyakit asam urat serta asam lambung. Bebeda dengan lemon, meski memiliki rasa asam, sebenarnya lemon akan berubah menjadi basa ketika masuk kedalam tubuh, yang memiliki manfaat sebagai alkalize darah.

Sehingga mengkonsumsi lemon hangat sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh dalam keadaan basa yang seimbang. Selain itu lemon juga bisa menetralisir masalah asam urat, serta mengatasi gejala peradangan, termasuk rasa nyeri karena asam urat. Karena lemon memiliki sifat alkalinic yang bermanfaat untuk menyeimbangkan pH internal dalam tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Dengan mengkonsumsi lemon secara teratur ternyata sangat baik untuk memperlancar proses pencernaan. Selain itu lemon juga bermanfaat untuk meningkatkan gerakan peristaltik dalam perut, sehingga berkhasiat untuk memeperlancar buang air besar (BAB), dengan begitu kamu bisa terhindar dari penyakit perut atau pencernaan.

Jus lemon berkhasiat untuk membantu hati dalam memproduksi empedu, membantu pergerakan makanan yang masuk kedalam tubuh dan saluran pencernaan, serta dapat membentu meredakan gangguan pencernaan sehingga dapat mengurangi rasa sakit perut.

Manfaat lain dari lemon adalah mengatasi rasa mual yang timbul akibat naiknya asam lambung. Disarankan untuk mengkonsumsi jus lemon hangat saat pagi hari untuk menjaga kesehatan pencernaan. Namun perlu diketahui, lemon tidak cocok dengan susu. Sehingga jangan sampai mengkonsumsi keduanya secara bersamaan.

4. Memutihkan Gigi
Kandungan kalsium yang terkandung dalam air perasan lemon, bisa digunakan sebagai cairan pemutih gigi. Caranya, campurkan air perasan lemon dan baking soda, lalu oleskan campuran tersebut pada gigi, biarkan selama 1 menit, kemudian sikat gigi dan kumur-kumur dengan air bersih.

Zat asam serta natrium bikarbonat yang terkandung dalam lemon bermanfaat untuk memutihkan gigi, dengan cara menghancurkan lapisan warna pada gigi. Namun jangan melakukannya terlalu sering, karena kandungan asam yang tinggi bisa merusak email gigi.

5. Membersihkan Usus
Buah lemon mempunyai khasiat untuk meningkatkan kontraksi otot yang ada dalam perut, dengan kata lain lemon mampu membuat gerakan usus menjadi lancar, hal ini sangat bermanfaat untuk mengeluarkan berbagai macam racun yang mengendap dalam usus. Caranya, cukup rutin mengkonsumsi segelas air lemon pada pagi hari.

6. Merawat Rambut dan Mengatasi Ketombe
Manfaat lemon sangat bergam, salah satunya memiliki khasiat untuk mengatasi kerontokan rambut. Biasanya faktor penyebab kerontokan rambut adalah ketombe serta kerusakan akar rambut.

Untuk mencegah kerontokan rambut serta menghilangkan ketombe cukup mengoleskan perasan lemon pada rambut sebelum melakukan keramas. Usapkan perasan lemon secara rata pada rambut, kemudian diamkan sekitar 5 sampai 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih dan barulah keramas seperti biasa menggunakan shampo.

7. Kesehatan Jantung dan Mencegah Stroke
Buah lemon sangat kaya akan vitamin C, yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Vitamin C akan berperan aktif untuk mengurangi kadar kolestrol dalam darah serta menurunkan tekanan darah.

Selain itu, lemon berfungsi untuk mencukupi HDL (kolesterol baik) dalam tubuh, dengan manfaat ini maka mengkonsumsi lemon dengan teratur sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

8. Kesehatan Otak
Dalam kulit lemon terdapat zat bernama phytonutrient, atau biasa disebut tangeretin yang berfungsi untuk meminilalisir masalah pada otak seperti penyakit Parkinson. Selain itu, lemon juga bermanfaat untuk melindungi sel-sel otak.

9. Mengatasi Kanker
Pemanfaatan buah lemon untuk mencegah kanker bukanlah hal baru, karena beberapa dekade tarakhir, para ilmuan telah memprediksi bahwa kandungan nutrisi dalam lemon dapat menghancurkan sel kanker.

Dan hasil penelelitan yang mereka lakukan, membuktikan bahwa ekstrak lemon memiliki khasiat untuk menghancurkan sel kanker ganas dalam berbagai jenis kanker, seperti kanker usus, kanker payudara dan kanker paru-paru.

Hebatnya lagi ekstrak lemon mampu menghancurkan sel kangker dengan efektif, bahkan dikatakan lebih efektif daripada kemoterafi sehingga lebih aman dan sehat.

10. Kesehatan Hati
Mengkonsumsi lemon sangat baik untuk kesehatan hati, karena lemon dapat membantu proses detoksifikasi organ vital hati, yang merangsang produksi empedu, melarutkan asam urat, serta membuang racun.

Asam sitrat yang ada pada lemon memiliki khasiat untuk memaksimalkan fungsi enzim yang merangsang kinerja hati, hal ini berpotensi untuk memaksimalkan proses detoks pada tubuh dan dikeluarkan memalui air kencing.

11. Kesehatan dan Kecerahan Kulit
Kolagen merupakan salah satu zat penyusun kulit, dimana proses pembentukannya sangat tergantung pada asupan vitamin C yang ada dalam tubuh. Lemon yang kaya akan vitamin C, dapet memicu zat kolagen dalam tubuh serta merawat kesehatan kulit, dan meminimalisir kerutan pada kulit.

Selain itu, manfaat lemon lainnya adalah menghilangkan sel kulit mati, bukan hanya sel kulit mati pada kulit tubuh, tapi juga efektif menghilangkan sel kulit mati yang ada di wajah. Hal ini membuat wajah menjadi lebih cerah, bersih, dan sehat.

Untuk cara penggunaannya, yaitu dengan mengiris lemon menjadi beberapa bagian, kemudian oleskan secara merata pada wajah, lalu diamkan selama 10 sampai 15 menit, selanjutnya bilas dengan air hangat.
Namun saat ada luka pada bagian kulit, jangan gunakan tips ini. Karena kandungan asam yang ada pada lemon bisa membunuh zat anti bakteri yang sedang memperbaiki kulit yang sedang terluka.

12. Mengatasi Bibir Pecah-pecah
Kandungan vitamin C dalam lemon mempunyai manfaat untuk mengangkat sel kulit mati yang terdapat pada bibir. Karena bibir kering dan pecah-pecah disebabkan oleh sel kulit mati pada bibir.

Cara penggunaannya cukup oleskan irisan lemon segar pada bibir yang kering secra perlahan, kemudian diamkan selama 2 sampai 3 menit, lalu bilas dengan air bersih. Kamu bisa melakukan cara alami ini secara teratur setiap 2 hari sekali.

13. Mencegah dan Mengobati Jerawat
Kandungan antibakteri yang ada pada buah lemon bermanfaat untuk membunuh bakteri jerawat yang terdapat pada wajah. Selain itu, antibakteri ini juga berguna untuk menghindari infeksi, peradangan serta membersihan pori-pori wajah.

Cara Membuat Lemon Hangat

Manfaat lemon memang sangat banyak, namun usahakan mengkonsumsi lemon organik (buatan sendiri) jangan terlalu sering mengkonsumsi jus lemon olahan pabrik.
lemon hangat dapat memenuhi kebutuhan vitamin c harian
lemon hangat untuk kesehatan
Untuk membuat lemon hangat cukup mudah, caranya peras 1 sampai 2 buah lemon, kemudian tambahkan dengan air hangat hingga 1 gelas. Sebaiknya mengkonsumsi lemon hangat saat pagi hari sebelum melakukan aktivitas atau sebelum sarapan. Serta hindari mengkonsumsi lemon dengan air dingin, karena khasiatnya kurang efektif.

Itulah beberapa manfaat lemon untuk kesehatan dan cara pemanfaatannya. Kamu bisa mencoba menanam lemon di halaman rumah agar lemon yang kamu peroleh terhindar dari pestisida dan zat kimia berbahaya. Semoga bermanfaat.

Dapatkan Tips dan Informasi Kesehatan Terbaru: