Manfaat Seledri Untuk Mengatasi dan Menghilangkan Jerawat

loading...
loading...
Herballify - Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh remaja, khususnya saat neginjak masa pubertas meski bisa juga menimpa orang dewasa. Jerawat bisa timbul karena berbagai macam faktor, seperti kurangnya perawatan kulit, pemakaian kosmetik yang tidak cocok, faktor genetik, debu dan polusi udara, kadar minyak berlebih, dan masih banyak lagi.
Manfaat seledri untuk menghilangkan jerawat
Ada banyak cara untuk mengatasi jerawat, seperti memakai krim penghilang jerawat yang dijual dipasaran, perawatan disalon kecantikan, ataupun dengan cara alami. Kebanyakan orang lebih memilih menghilangkan jerawat dengan memakai krim penghilang jerawat dan melakukan perawatan disalon, padahal ada cara yang lebih aman dan murah. Yap, cara alami dengan manfaat seledri ternyata sangat efektif untuk menghilangkan jerawat.

Manfaat Seledri Untuk Menghilangkan Jerawat

Seledri biasanya dipakai sebagai bahan pelengkap masakan, namun tanaman yang memiliki bau khas ini ternyata memiliki segudang khasiat untuk kesehatan, khususnya untuk menghilangkan jerawat. Jerawat memang tidak berbahaya, namun memiliki dampak psikologis serta dapat menurunkan rasa percaya diri. 

Manfaat seledri untuk kesehatan menang cukup ampuh, karena seledri kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin, seperti vitamin A, K, dan B komplek. Selain itu, seledri juga mengandung l-tryptophan yang merupakan antioksidan serta 3n-butilphalida yang dapat membantu mengurangi peradangan pada masalah kulit. Oleh karena itu manfaat seledri sangat efektif untuk menghilangkan jerawat.

Manfaat Seledri Untuk Kesehatan Kulit


1. Mencegah Jerawat Tumbuh Lebih Banyak

Jerawat yang terus tumbuh biasanya dikarenakan alergi atau tubuh tidak mampu menghadapi bakteri karena kekebalan tubuh yang menurun. Oleh karena itu, mengkonsumsi seledri secara teratur dapat meningkatkan kekebalan tubuh, karena seledri mengandung antioksidan yang mampu mencegah bakteri masuk dan menyerang tubuh. 

2. Mengurangi Peradangan Pada Kulit

Antioksidan merupakan senyawa anti peradangan. Jadi penggunaan seledri dalam mengatasi jerawat sangat efektif, karena seledri kaya akan zat antioksidan. Peradangan pada jerawat dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya infeksi karena memencet jerawat.

3. Membuka Pori-pori Wajah

Oksigen sangat dibutuhkan kulit untuk mendukung perkembangannya. Pemakaian daun seledri dapat membantu kulit wajah dalam membuka pori-pori sehingga oksigen dapat diserap maksimal oleh kulit. Perepdaran oksigen yang baik dapat membantu metabolisme sel kulit sehingga membuat kulit lebih sehat dan cerah.

4. Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin dan mineral dalam seledri sangat efektif untuk menjaga kesehatan kulit. Sehingga manfaat seledri dapat memutihkan dan mencerahkan kulit wajah dan membuat kulit terlihat lebih segar dan bercahaya.

5. Memperlambat Penuaan Dini

Kandungan nutrisi pada seledri mampu meregenerasi jaringan sel kulit mati, sehingga mampu meperlambat penuaan dini dan mencegah masalah kulit, seperti jerawat dan flek hitam.

6. Mengurangi Minyak Pada Wajah

Daun seledri sangat efektif untuk mengurangi produksi sebum dalam kelenjar kulit.

Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Seledri

Cara menghilangkan jerawat menggunakan seledri tidak terlalu sulit, berikut ini merupakan langkah-langkah menghilangkan jerawat dengan daun seledri:
  1. Siapkan satu genggam daun seledri segar, kemudian cuci bersih.
  2. Iris-iris daun seledri menjadi kecil-kecil.
  3. Selanjutnya didihkan satu gelas air bersih.
  4. Masukan daun seledri yang telah di iris kedalam air yang telah mendidih, lalu aduk hingga rata.
  5. Diamkan air rebusan seledri hingga dingin.
  6. Setelah dingin, oleskan pada permukaan kulit wajah dan leher hingga rata, kemudian diamkan sekitar 20 menit agar kandungan nutrisi dalam seledri dapat meresap sempurna.
  7. Setelah mengering, bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk.
  8. Untuk mendapat hasil maksimal, lakukan perawatan ini secara rutin setiap dua hari sekali.
Air rebusan seledri - Manfaat seledri
Itulah manfaat seledri untuk mengatasi dan menghilangkan jerawat. Bagaimana cukup mudah bukan? Sekian tips tentang cara menghilangkan jerawat kali ini, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

Dapatkan Tips dan Informasi Kesehatan Terbaru: