Manfaat Buah Apel Untuk Menghilangkan Jerawat

loading...
loading...
Manfaat Buah Apel - Buah apel merupakan buah tropis yang biasa dikonsumsi secara langsung ataupun diolah menjadi berbagai olahan seperti jus, serta tambahan dalam es buah. Kandungan nutrisi dalam buah apel dipercaya mempunyai khasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
masker apel untuk menghilangkan jerawat
Cara menghilangkan jerawat menggunakan buah apel
Buah apel banyak dibudidayakan daerah yang mempunyai suhu dingin seperti kota Batu, Malang, Bandung, serta Pangalengan dengan cara dicangkok dan okulasi, meski sekarang sudah ada cara menanam apel dari biji

Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Kulit

Kandungan serat dalam buah apel cukup tinggi, sehinga sangat cocok dikonsumsi oleh seseorang yang sedang melakukan diet, kandungan serat tersebut dapat mencegah rasa lapar datang lebih cepat sehingga memudahkan dalam proses diet. 

Kandungan serat tersebut juga berfungsi untuk mengikat lemak dan kolestrol jahat dalam tubuh dan kemudian membuangnya. Apel juga mengandung tanin yang berkhasiat untuk membersihkan dan menyegarkan mulut, serta merawat gigi dari kerusakan dan penyakit gusi.

Manfaat buah apel antara lain:

  1. Mencegah kanker payudara
  2. Mencegah kanker usus
  3. Mencegah kanker hati
  4. Mengontrol diabetes
  5. Mengurangi berat badan
  6. Melindungi tulang
  7. Mengobati penyakit Asma
  8. Mencegah al-zheimer
  9. Menurunkan kadar kolesterol
  10. Mencegah kanker paru-paru.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Manfaat Buah Apel

Kandungan vitamin dan nutrisi dalam apel berguna sebagai bahan untuk kesehatan kulit. Dengan mengkonsumsi apel secara rutin, dapat mencegah munculnya jerawat pada wajah. Apel kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk kulit seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium, kalium, fosfor, dan zat besi. Manfaat buah apel untuk menghilangkan jerawat dapat dilakukan dengan cara mengolah apel sebagai masker wajah. 

Kandungan vitamin A dalam apel dapat membantu mencerahkan kulit dan membuat kulit nampak segar, bercahaya, vitamin C akan meningkatkan sirkulasi dalam mempercepat proses regenerasi dan penyembuhan, serta vitamin E berkhasiat untuk mencegah kerusakan kulit.
buah apel untuk menghilangkan jerawat
Cara menghilangkan jerawat menggunakan buah apel

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Buah Apel

  1. Siapkan 1 buah apel merah/hijau segar (apel organik lebih baik)
  2. Cuci bersih apel tersebut kemudian belah menjadi beberapa bagian.
  3. Blender sampai halus, dan tambahkan sedikit air.
  4. Setelah halus, capur dengan madu atau susu.
  5. Oleskan pada seluruh wajah menggunakan kuas, lalu biarkan selama kurang lebih 15-30 menit.
  6. Kemudian bilas dengan air bersih.
Untuk mendapat hasil maksimal, lakukan secara rutin seminggu 3-4 kali. Selain itu untuk membantu menghilangkan jerawat dari dalam, Anda bisa mengkonsumsi jus apel yang dicampur susu dan madu secara rutin.

Cara Menghilangkan Merah-merah Bekas Jerawat

  • Pagi hari
Cuci muka dengan sabun khusus muka yang dicampur dengan baking soda (sodium bicarbonat) sebanyak 1 sendok makan yang dicampur dengan air secukupnya, usapkan seluruh permukaan wajah sambil dipijat secara halus, kemudian bilas sampai bersih. 

Setelah itu ambil apple cider vinegar (ACV) / cuka apel, campur dengan air bersih dengan perbandinga 8:1 (1 sendok AGC, 8 sendok air), oleskan keseluruh permukaan wajah dengan kapas sampai rata. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih. Jangan lupa selalu gunakan sunblock saat keluar rumah.

  • Malam hari
Cuci muka seperti biasa, lalu pakailah masker yang terbuat dari campuran putih telur dan sedikit perasan lemon, kemudian oleskan pada seluruh bagian wajah, diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu cuci sampai bersih dengan sabun muka.

Itulah beberapa manfaat buah apel yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Cara membuat masker apel cukup mudah, selain itu bahan yang digunkan juga sangat mudah didapatkan. Selamat mencoba menghilangkan jerawat dengan masker apel.

Dapatkan Tips dan Informasi Kesehatan Terbaru: