7 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kecantikan dan Kesehatan

loading...
loading...
Manfaat Buah Pepaya - Buah pepaya terkenal ampuh untuk melancarkan pencernaan. Namun tahukah kamu ternyata buah pepaya banyak menyimpan ribuan manfaat lainnya. Yap, pepaya merupakan tanaman buah yang cukup populer dan menjadi salah satu tanaman buah yang paling banyak di budidayakan. Hal ini karena cara menanam buah pepaya cukup mudah, selain itu buah pepaya memiliki beragam jenis varietas seperti pepaya bangkok, pepaya cibinong, pepaya hawai, pepaya california, serta masih banyak lagi yang lainnya.
pepaya banyak mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh
manfaat buah pepaya
Buah pepaya memang bisa dinikmati dalam suasana apapun, baik buah pepaya yang sudah matang maupun buah pepaya yang masih muda bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan. Selain itu, pepaya memang sangat baik untuk dikonsumsi kerena mempunyai segudang khasiat.

Manfaat yang Terkandung Dalam Buah Pepaya

Kandungan Gizi yang Terkandung Dalam Buah Pepaya:
Satu buah pepaya berukuran sedang, mengandung 120 kalori, 30 gram karbohidrat (terkandung didalamnya 5 gram serat, 18 gram gula, serta 2 gram protein). Pepaya merupakan sumber yang sangat baik untuk asupan vitamin C untuk kebutuhan harian, selain itu kandungan lain yang terdapat dalam pepaya antara lain:
  • Folat
  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Alfa
  • Beta Karoten
  • Lutein
  • Zeaxanthan
  • Vitamin E
  • Kalsium
  • Kalium
  • Vitamin K
  • Lycopene
  • Magnesium
  • Asam Pantotenat

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kecantikan

Dengan kandungan nutrisi yang terdapat pada buah pepaya, maka tidak bisa diragukan lagi pepaya memiliki beragam manfaat, terutama untuk kecantikan. Beberapa manfaat buah pepaya untuk kesehatan antara lain:
  1. Daging buah pepaya yang berfermentasi dapat membantu untuk melarutkan sel kulit mati, memberi kesegaran serta kecerahan untuk kulit. Hal ini karena pepaya dapat membantu membuka pori-pori yang tertutup serta mencegah munculnya jerawat.
  2. Sebuah penelitian membuktikan bahwa buah pepaya muda dapat menghasilkan enzim yang dapat merangsang pertumbuhan payudara. Selain itu, vitamin A yang banyak terkandung dalam pepaya muda, dapat memberi rangsangan terhadap indung telur yang akan memproduksi hormon kewanitaan sehingga kelenjar serta otot disekitar payudara menjadi kencang.

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Buah pepaya banyak sekali mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk meningkatkan sistem imun. Mengkonsumsi buah dan sayur sangat baik untuk kesehatan, banyak peneletian telah membuktikan mengkonsumsi buah seperti pepaya dapat mengurangi resiko kesehatan, bahkan pepaya memiliki beragam manfaat untuk kesehatan antara lain:

1. Anti Inflamasi
Manfaat pepaya untuk penderita arthritis, osteoporosis, dan edama dapat membantu untuk menhilangkan rasa sakit karena pepaya mengandung enzim anti inflamasi. Selain itu, enzim ini memiliki sifat untuk mencegah kanker.

2. Menguatkan Sistem Imun
Vitamin A dan vitamin C yang diproduksi oleh pepaya, serta senyawa beta karoten yang terdapat pada pepaya sangat diperlukan tubuh karena bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imun. Oleh karena itu, maka pepaya menjadi pilihan yang tepat untuk mencegah flu, infeksi, serta meredakan demam.

3. Menyehatkan Tulang
Kekurangan asupan vitamin K banyak dikaitkan dengan resiko rentannya patah tulang. Maka dari itu pentingnya mengkonsumsi buah pepaya, agar kebutuhan vitamin K bisa tercukupi dengan baik.

4. Baik Untuk Penderita Diabetes
Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa pasien penderita diabetes tipe satu yang rutin melakukan diet tinggi serat berpotensi memiliki kadar glukosa darah dan penderita diabetes tipe dua dapat meningkatkan gula darah, lipid, serta insulin. Untuk itu, mengkonsumsi 1 buah pepaya berukuran sedang dapat mencukupi sekitar 4,7 gram serat.

5. Mencegah Penyakit Jantung
Kandungan vitamin, kalium, serta serat dalam pepaya dapat membantu tubuh untuk mencegah penyakit jantung. Selain itu kandungan enzim dalam pepaya juga bisa membantu mencegah oksidasi kolestrol yang bisa menekan kadar kolestrol serta efektif untuk mencegah serangan penyakit jantung.

6. Sangat Baik Untuk Sistem Pencernaan
Manfaat pepaya yang satu ini memang tidak diragukan lagi, jika kamu mengalami susah BAB, maka pepaya bisa jadi solusinya. Didalam pepaya terkandung enzim yang baik untuk sistem pencernaan yaitu papain. Selain itu, enzim ini berguna sebagai pelunak daging. Pepaya juga mengandung kadar air serta serat yang sangat tinggi. Kedua nutrisi tersebut, sangat efektif untuk mengatasi sembelit.

7. Mencegah Degenerasi Makula
Senyawa eaxanthin antioksidan yang terdapat pada pepaya, dapat menyaring sinar cahaya biru yang berbahaya untuk kesehatan mata. senyawa tersebut diperkirakan akan berperan aktif dan protektif dalam menangkal kerusakan degenerasi.

Potensi Resiko Kesehatan di Dalam Buah Pepaya

Meski manfaat pepaya cukup melimpah, namun terdapat beberapa resiko kesehatan yang harus diwaspadai. Seseorang yang memiliki alergi dengan bahan lateks, akan rentan alergi dengan pepaya, karena pepaya mengandung zat chitanases yang dapat menyebabkan reaksi silang terhadap lateks atau pada makanan yang mengandung zat tersebut.

Asupan makan saat diet atau pola makan yang tepat merupakan kunci utama dalam menjaga kesehatan serta mendapat berat badan ideal. Tentu saja mengkonsumsi makanan yang beragam, jauh lebih baik daripada mengkonsumsi satu jenis makanan saja.

Dapatkan Tips dan Informasi Kesehatan Terbaru: